Program Mutu Rumah Sakit

 

1) Waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi (≤30 menit)

Pencapaian indikator nasional mutu rumah sakit tentang Waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi (≤30 menit) pada Januari – Juni 2022 rata-rata 96,72% sudah mencapai standar  nasional yaitu ≥80%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa mutu dan keselamatan pasien khususnya pasien kebidanan dengan kegawatdaruratan sudah berjalan dengan baik. Hasil capaian ini perlu dipertahankan di bulan-bulan selanjutnya.

 

2) Waktu Lapor Hasil Tes Kritis Laboratorium

Pencapaian indikator mutu wajib nasional waktu lapor hasil kritis laboratorium <30 menit pada Januari sampai dengan Juni 2022 rata-rata 100%, memenuhi standar nasional yaitu 100%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa para petugas di unit laboratorium sudah memahami pentingnya pelaporan hasil kritis laboratorium kepada petugas medis yang berkaitan, demi keselamatan pasien dan keefektifan tatalaksana yang nantinya akan diberikan oleh DPJP. Hasil capaian ini harus terus dipertahankan di bulan-bulan selanjutnya.

 

3)  Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional RS Provider BPJS

 

Pencapaian indikator mutu wajib nasional kepatuhan penggunaan formularium nasional pada Januari sampai dengan Juni 2022 rata-rata 99,47%, sudah memenuhi standar nasional yaitu 80%. Pada bulan Januari sampai dengan April semua sampel resep sesuai dengan obat-obatan formularium nasional,kemudian pada bulan Mei sempat turun menjadi 96,86% kemudian naik kembali pada bulan Juni menjadi 100%.Pencapaian ini menunjukkan bahwa para dokter di RSU Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu memiliki kepatuhan yang tinggi dalam meresepkan obat kepada pasien sesuai dengan daftar obat-obatan Formularium Nasional. Hasil capaian ini harus terus dipertahankan di bulan-bulan selanjutnya.